Monday, May 11, 2015

5 Peregangan Wajib Bagi yang Seharian Duduk di Kantor

1. Chest opener

Sesuai namanya, gerakan ini dilakukan untuk meregangkan otot-otot di wilayah dada yang cenderung terhimpit oleh lengan yang sepanjang hari digunakan untuk mengetik. Caranya mudah, pertemukan jari-jari tangan di belakang punggung, luruskan lengan dan tarik sejauh mungkin ke belakang. Tahan sekurang-kurangnya 10 detik.

2. Hip release


Kekakuan otot-otot pinggul adalah keluhan umum pada orang-orang yang terlalu banyak duduk. Berlututlah di lantai dan langkahkan satu kaki ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Dorong pinggul ke depan sampai pinggul tertarik. Untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal, angkat tangan hingga di atas kepala, tahan 10-15 detik.

3. Trunk rotation

Berbaringlah di lantai dengan lengan dan kaki terbuka. Angkat lutut mendekati dada, lalu jatuhkan perlahan ke samping sementara torso badan tetap lurus menghadap ke atas dan tangan tetap menyentuh lantai. Tahan 10-15 detik lalu ulangi untuk arah sebaliknya.

4. Shoulder roll

Putar bahu ke depan dan ke belakang beberapa kali agar tubuh bagian atas merasa rileks. Lakukan sebanyak 2-3 kali, dengan masing-masing 10 pengulangan.

5. Head-to-toe stretch

Peregangan seluruh tubuh bisa dilakukan sambil berdiri. Letakkan tangan jauh di atas kepala sampai terasa ada tarikan, tahan selama 8-10 detik lalu bungkukkan badan hingga tangan menyentuh jari kaki. Tahan 8-10 detik lalu ulangi.